Gejala, Penularan, dan Penyebab virus HIV

Ilmuterangkum – Assalamualaiku sobat pelajar semua  anda memasuki blog yang  tepat sekali yaitu ilmuterangkum.blogspot.com yang selalu menyajikan seputar materi pelajaran sekolah yang sudah terrangkum.

gejala, penularan, dan penyebab HIV
Yang  kali ini saya bagikan adalah Bagian dari BAB Sistem Reproduksi Manusia dan yang saya bahas disini adalah tentang Penyakit AIDS yaitu Gejala HIV,  Penularan HIV, dan cara mencegah HIV. Itulah yang nantinya akan saya bahas lengkap disini.


Sebelum saya membahas hal tersebut saya akan membahas maksud dari AIDS dan HIV. Sering sekali kita mendengar  AIDS dan HIV tapi apakah kalian tahu itu?
AID (Acquired Immune-deficiency disease syndrome) adalah penyakit yang menyebabkan kematian. AIDS disebabkan oleh HIV (Humman Immunodeficiency Virus).

Gejala HIV

Virus HIV akan merusak kekebalan tubuh dengan cara menyerang sel darah putih.
Untuk mengetahui apakah positif menderita penyakit AIDS, harus dilakukan pemeriksaan laboratorium terhadap banyaknya jumlah sel T pada darah

Pada awalnya, orang yang terinfeksi HIV tampak seperti orang yang sehat dan tidak memperlihatkan gejala – gejala tertentu. Fase ini dapat terjadi selama 5 – 7 tahun, tergantung dari kekebalan tubuh si penderita.

Pada tahap selanjutnya, akan muncul gejala awal seperti hilangnya selera makan, tubuh terasa lemas, dan badan berkeringat secara berlebihan pada malam hari. Kemudian akan timbul bercak – bercak dikulit, terjadi pembengkaan kelenja getah bening, mengalami diare terus menerus, serta flu yang tidak sembuh – semuh. Fase ini berlangsung 6 bulan sampai 2 tahun.

Pada tahap terakhir atau fase AIDS terdiagnosa setelah kekebalan tubuh sudah sangat berkurang. Penderita bisanya mudah terserag penyakit TBC, peneumonia, herpes, gangguan saraf, dan sebagainya. Fase ini berlangsung 3 – 6 bulan.

Penularan HIV

Sebagaian besar orang tertular HIV karena hubungan Seksual. Penularan HIV juga dapat melalui tranfusi darah.
Virus HIV dapat menyerang orang pemakai narkoba dan tattoo yang menggunakan jarum suntik dan semprotan yang  telah terkontaminasi oleh virus HIV.

Pencegahan HIV

AIDS dapat dicegah dengan cara sebagai berikut :
  1. Menjamin sterilitas alat suntik
  2. Menghindari hubungan seks dengan pecandu narkoba.
  3. Menghindari hubungan seks bebas dengan orang yang menderita penyakit ini.
  4.   Mengadakan pemeriksaan laboratorium terhadap orang yang akan mendonorkan darah.

Itulah tadi penjelasan mengenai AIDS dan gejala, penularan, dan penegahan HIV  Semoga rangkuman diatas bermanfaat bagi anda dan dapat membantu sobat pelajar untuk menambah ilmunya, ilmuterangkum.blogspot.com akan selalu memberikan rangkuman ilmu kepada sobat semua. Jangan lupa juga untuk membagikan ilmu ini kepada orang lain, jika kurang  faham, atau kurang lengkap rangkuman diatas silahkan tinggalkan komentar. Sekian Wassalamu’alaikum……


14 komentar

Sangat membantu..kita harus mencegah/menghindari penyakit HIV agar tidak menular..

HIV sangat berbahaya, jadi kita harus berhati-hati agar tidak terkena virus HIV.

sebelum terima donor emang kudu ati2 ya, mesti tahu yang donorin itu pengguna atau bukan. bahaya juga kan kalo dia pengguna

info yang sangat bermanfaat gan, jadi nambah nih ilmu..

mantap gan infonya ane jadi paham nih...

Semoga bisa terhindar dari penyakit itu

Harus banyak yg tahu ilmu seperti ini. Agar kita bisa mencegah HIV/AIDS.
Lanjutkan berbagi ilmunya mas.

sangat bermanfaat gan, nice info


EmoticonEmoticon

paling banyak dibaca