Jenis – Jenis uang dan Penjelasannya

Ilmuterangkum – Assalamualaiku sobat pelajar semua  anda memasuki blog yang  tepat sekali yaitu ilmuterangkum.blogspot.com yang selalu menyajikan seputar materi pelajaran sekolah yang sudah terrangkum.

Yang  kali ini saya bagikan adalah bagian dari bab uang dan lembaga keuangan yaitu Jenis – Jenis uang, jens – jenis uang dibedakan menjadi 4 yaitu Jenis – Jenis uang bedasarkan bahan, Jenis – Jenis uang berdasakan lembaga yang mengeluarkan, Jenis – Jenis uang berdasakan nilainya, dan Jenis – Jenis uang berdasarkan kawasannya, 4 jenis itulah yang nantinya akan saya bahas.

Jenis – Jenis Uang Berdasarkan Bahan
Jenis – Jenis Uang Berdasarkan Bahan ada dua yaitu Uang Logam dan Uang kertas.

Uang logam

Kelebihan uang logam yaitu Kuat dan tahan lama, Kualitas mudah dikontrol,  Tidak mudah rusak, Efektif untuk transaksi kecil.

Kekurangan uang logam yaitu  Berat, Bahan baku langkah, Tidak ringkas, Susah dibawa dalam jumlah besar, Nominal kecil, Membutuhkan waktu lama untuk menghitungnya, Persediaan logam terbatas.

Uang kertas

Kelebihan uang kertas yaitu Mudah dibawa, Bobotnya ringan, Bentuknya tipis sehingga ringan, Bisa dilipat, Denominasi besar, Lebih gampang dihitung. Ongkos bahan dan pembuatan murah.

Kekurangan uang kertas yaitu Mudah rusak, Mudah tebakar, Tidak tahan lama, mudah hilang, kurang efektif untuk pecahan kecil, serin dipalsukan.

Jenis – Jenis Uang Berdasarkan Lembaga yang mengeluarkan

Jenis – Jenis Uang Berdasarkan Lembaga yang mengeluarkan ada dua yaitu uang kartal dan uang giral.

Uang Kartal adalah uang yang dikeluarkan oleh Negara berdasarkan Undang – Undang dan berlaku sebagai alat pembayaran yang sah.

Uang giral (simpanan di bank) adalah dana yang ada di  bank umum dan dapat digunakan sewaktu waktu sebagai alat pembayaran yang sah.

  • Bentuk Uang Giral
Cek, Cek adalah merupakan suatu perintah kepada bank untuk membayar sejumlah dana atau uang

Giro, Giro adalah surat perintah nasabah bank untuk memindahkan sejumlah uang dari rekeningnya kepada rekening nasabah yang ditunjuk.

Telegraphic Transfer, Telegraphic Transfer a adalah meruakan pembayaran yang dilakukan dengan memindahkan antar rekening di bank yang sama dari nasabah yang lokasinya berjauhan melalui telegram.

 Kartu kredit, Kartu kredit adalah bentuk kepercayaan dari bank kepada seseorang berdasarkan kesepakatan atau perjanjian tertentu.

Keuntungan Uang Giral
  1.  Mempermudah pembayaran.
  2. Alat pembayaran yang dapat diterima dalam jumlah tidak terbatas.
  3. Lebih aman karena resiko uang hilang lebih kecil.

Apa perbedaan uang kartal dan uang giral ?

Berikut adalah perbedaan uang kartal dan uang giral

Uang kartal berlaku umum di setiap lapisan masyarakat, sedangkan uang Giral hanya berlaku dikalangan tertentu.
Uang kartal dibuat dan diedarkan oleh bank sentral, sedangkan Uang Giral dibuat oleh bank umum.
Uang kartal terbagi dalam pecahan nominal tertentu, sedangkan Uang Giral tidak memiliki nilai nominal.
Alat pembayaran uang kartal berbentuk uang kertas dan logam, sedangkan Uang Giral alat pembayarannya berbentuk rekening Koran, cek atau cek perjalanan.
Uang kartal merupakan alat pembayaran yang sah untuk umum, sedangkan Uang Giral tidak meruakan alat pembayaran yang sah untuk umum.
Uang Kartal tidak mengandung resiko karena uang diterima secara langsung, sedangkan Uang Giral jika terjadi sesuatu di bank resiko ditanggung sendiri.

Jenis – Jenis Uang Berdasarkan Nilainya

Uang bernilai penuh, uang bernilai penuh adalah uang yang nilai bahannya (nilai intrinsik) sama dengan nilai nominalnya.
Uang tidak bernilai penuh, uang tidak bernilai penuh adalah uang yang nilai bahannya lebih rendah daripada nilai nominalnya.

Jenis – Jenis Uang Berdasarkan Kawasannya
Uang Lokal, Uang lokal adalah uang yang dipergunakan dalam satu Negara tertentu.
Uang Regional, Uang Regional adalah uang yang digunakan oleh beberapa Negara dalam satu kawasan tertentu.
Uang Internasional, Uang internasional adalah uang yang berlaku antarnegara hampir diseluruh dunia dan menjadi standar pembayaran internasional.

Itulah tadi Jenis – Jenis uang bedasarkan bahan, Jenis – Jenis uang berdasakan lembaga yang mengeluarkan, Jenis – Jenis uang berdasakan nilainya, dan Jenis – Jenis uang berdasarkan kawasannya, Semoga rangkuman diatas bermanfaat bagi anda dan dapat membantu sobat pelajar untuk menambah ilmunya, ilmuterangkum.blogspot.com akan selalu memberikan rangkuman ilmu kepada sobat semua. Jangan lupa juga untuk membagikan ilmu ini kepada orang lain, jika kurang faham, atau kurang lengkap rangkuman diatas silahkan tinggalkan komentar. Sekian Wassalamu’alaikum…






2 komentar

nggak ada mata uang online nya nih gan


EmoticonEmoticon

paling banyak dibaca